Minggu, 14 Juli 2013

DESERT POINT



Bagi anda yang punya hobby surfing, disini saya tawarkan suatu tempat yang sangat menarik untuk para peselancar. Tak berlebihan rasanya jika saya sebutkan bahwa tempat ini merupakan "the best surfing point" untuk olahraga selancar air yang ada di pulau Lombok (atau bisa anda bandingkan dengan tempat lain yang pernah anda datangi). Pasalnya, saya sudah berkeliling di seluruh pulau Lombok untuk mencari tempat yang layak untuk mendapatkan sebutan the best surfing point tersebut. Dan di tempat inilah saya terkagum-kagum akan keindahan alam serta potensi yang besar untuk dijadikan surga bagi para pengemar olahraga selancar air.

Lokasinya terletak di TWA Bangko-bango yang berada di Kecamatan Sekotong Barat Kabupaten Lombok Barat, tepatnya di titik ordinat : S 08 43.650 E 115 50.414.

Lokasinya berada di Selat Lombok yang terkenal  dengan ombaknya yang besar. Posisinya yang berada diantara Samudra Hindia dan Laut Jawa membuat barisan ombaknya seolah-olah tidak pernah berhenti. Dengan ketinggian gulungan ombak mencapai 4 -7 meter, tentu saja membuat para pecinta olahraga surfing langsung tergiur melihatnya. Apalagi disepanjang Desert Point tersebut terlihat hamparan pasir putih memanjang sekitar ± 1,5 km. Wow...... mantap man....

Jika anda berangkat menuju lokasi dari Mataram (Ibukota propinsi NTB), jarak tempuh menuju lokasi diperlukan waktu ± 2 jam atau 76 km. Diperjalanan dari Mataram, anda akan melewati jalan mulus sampai memasuki TWA Bangko-bangko, tetapi sayangnya
pada 5 km terakhir anda harus bersabar melewati jalan bebatuan yang melewati bukit (sayang ya.... mungkin Pemda-nya keabisan dana untuk  memperbaiki jalan tersebut ..... hik-hik-hik... sedih banget..).

Setiba di lokasi, saya yakin anda pasti akan tercengang karena melihat fasilitas yang ada disana hanya ada beberapa rumah makan bambu yang beratap ilalang, daun pandan dan rajutan daun kelapa (oh my God...!!) Tapi anda juga pasti akan terheran-heran karena yang anda lihat 90% populasi pengunjung disana adalah turis mancanegara (kok bisa ya..???).  Itu dia uniknya. Alasan yang saya dengar dari para guide disana sih katanya para turis itu betah berada disana karena selain lokasi yang sangat baik untuk olahraga selancar dan pemandangannya yang indah, juga mereka merasa nyaman karena lokasi yang terpencil. Nyaman karena tidak harus selalu terganggu karena diikuti oleh para penjaja souvenir seperti yang biasa kita lihat di lokasi-lokasi wisata terkenal. Juga di daerah ini dikenal sebagai daerah yang aman, sehingga para turis tidak merasa khawatir sekalipun mereka berada di tempat yang jauh dari keramaian.

Ya.....  tapi sebaiknya jangan langsung percaya dulu dengan uraian saya diatas, sebelum anda menyaksikannya sendiri.... OK....!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar